Perbedaan Bahan Ajar dan sumber Belajar

Sumber belajar adalah segala sesuatu yang bisa menimbulkan proses belajar. Sesuatu itu bisa berbentuk benda, data, fakta, ide, orang dan lain sebagainya. Sedangkan bahan ajar merupakan segala bahan seperti informasi, teks yang disusun secara sistematis, yang menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai peserta didik dan digunakan dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran.

Perbedaan Utama Sumber Belajar dan Bahan ajar

Sumber belajar adalah bahan mentah untuk penyusunan bahan ajar. Untuk bisa disajikan kepada peserta didik dan sumber belajar harus di olah dulu. Sedangkan bahan ajar adalah bahan siap saji bagi peserta didikk untuk proses pembelajaran.

Sumber belajar addalah segala sesuatu yang baru memiliki kemungkinan untuk dijadikan bahan ajar atau memiliki potensi untuk menimbulkan proses belajar. Sedangkan bahan ajar adalah sesuatu yang sudah secara aktual dirancang secara sadar dan sistematis untuk pencapaian kompetensi peserta didik secara utuh dalam kegiatan pembelajaran.

Yang dinamakan bahan ajar adalah semua buku atau program audio, vide dan komputer yang berisi materi pelajaran yang dengan sengaja diranjang secara sistematis. Jika tidak dirancang secara sistematis walaupun mengandung materi pelajaran maka tidak bisa disebut bahan ajar.

Terimakasih telah membaca Perbedaan Bahan Ajar dan sumber Belajar

Jangan pernah puas jika Anda menemukan informasi yang Anda cari seperti Perbedaan Bahan Ajar dan sumber Belajar di halaman http://edu.dzihni.com, karena banyak halaman lain yang membahas lebih lengkap. Sekedar saran, jika untuk karya ilmiah seperti makalah, skripsi, tesis, disertasi dll jangan pernah mengambil referensi dari internet, karena internet tidak selamanya ada berbeda dengan buku, majalah, koran dll


Anda Sedang Membaca Tulisan dalam Kategori Pendidikan dengan judul Perbedaan Bahan Ajar dan sumber Belajar.By : edu.dZihni.com
Ditulis oleh: Admin