Arti Makna Yang Sebenarnya

Makna (dalam bahasa inggris; sense) dibedakan dari arti (dalam bahasa inggris; meaning) didalam semantik. Makna adalah pertautan yang ada diantara unsur-unsur bahasa itu sendiri (terutama kata-kata). Makna menurut Palmer (1976: 30) hanya mengangkut intrabahasa saja.

Sejalan dengan pendapat tersebut, Lyons (1977: 204) menyebutkan bahwa mengkaji atau memberikan makna suatu kata ialah memahami kajian kata tersebut yang berkenaan dengan hubungan-hubungan makna yang membuat kata tersebut berbeda dangan kata-kata lain. Arti dalam hal ini menyangkut makna leksikal di dalam kamus sebagai leksikon.

Makna sebagai penghubung bahasa dengan dunia luar sesuai dengan kesepakatan para pemakainya sehingga dapat saling mengerti. Makna mempunyai tiga tingkatan keberadaan, yakni:

1. Pada tingkatan pertama, makna menjadi isi dari suatu bentuk kebahasaan.
2. Pada tingkatan kedua, makna menajdi isi dari suatu kebahasaan.
3. Pada tingkatan ketiga, makna menjadi isi komunokasi yang mampu membuahkan informasi tertentu.

Pada tingkatan pertama dan kedua makna dilihat dari segi hubungannya dengan penutur, sedangkan pada tingkatan ketiga makna lebih ditekankan pada makna dalam komunikasi. Mempelajari makna pada hakikatnya berarti mempelajari bagaimana setiap pemakai bahasa saling mengerti. Untuk menyusun kalimat yang dpat dimengrti, pemakai bahasa dituntut untuk manaati kaidah gramatikal, atau tunduk kepada kaidah pilihan kata menurut sistem leksikal yang berlaku dalam suatu bahasa.

Dalam bahasa indonesia selain kata arti, ada pula kata berbentuk erti, di samping kata makna. Di dalam studi semantik bahasa indonesia bentuk dasar erti pemakaiannya terbatas, dan secara paradigmatik ditemukan kata MENGERTI (verba aktif), DIMENGERTI (sinonim dengan dipahami – verba pasif), PENGERTIAN (nominal< mengerti + -an), dan ketiga bentukan mempunyai hubungan makan generik paham.

Makna sebuah kalimat sering tidak bergantung pada sistem gramatikal dan leksikal saja, tetapi bergantung kepada kaidah wacana. Makna sebuak kalimat yang baik pilihan kata (diksi) dan susunan gramatikalnya, sering tidak tidak dapat dipahami tanpa memperhatikan hubungannya dengan kalinat lain dalam sebuah wacana. Contoh pemahaman ekspresi “terima kasih” (bahasa Belanda: DANK) bermakna “tidak mau” (dalam situasi jamuan makan dan minum, bila kita ditawari sesuatu dalam jamuan tersebut). dalam bahasa serumpun sering pula situasi dan acuannya berbeda.

Bagi masyarakat bahasa yang mengenal tingkatan sosial (hubungan penyapa/pembicara-pesapa/kawan bicara), bukan hanya ikatan wacana saja yang menentukan makna kalimat. Faktor penyapa dan pesapa menentukan diksi yang tepat, sebab di dalam pemakaian bahasa yang mengenal tingkat sosial penyapa-pesapa menuntut pilihan kata yang tepat .

Masalah tersebut termasuk kedalam bidang sosiolinguistik diliaht dari segi hubungan masyarakat bahasa yang diatur bahasannya berdasarkan tingkat sosial para pemakainya, dari segi pemakaian bahasanya termasuk kedalam bidang pragmatik (dengan pemahaman pragmatik ‘language in use). Dalam hal diksi mungkin pilihan laksem berdasarkan makna yang tepat dari segi latar kominikasi. Semantik menjangkau wawasan yang luas, termasuk di luar jangkauan bahasa bila menyangkut dunia referensi dan inferensi sebagai makan yang dimaksud.

Filosof dan linguis mencoba menjelaskan tiga hal yang berhubunagan dengan makna, yakni:

1. Makna kata secara alamiah (inheren< Inherent – bahasa inggris)
2. Mendeskripsikan makna kalimat secara alamiah (termsuk makna karegorial).
3. Menjelaskan proses komunikasi

Terimakasih telah membaca Arti Makna Yang Sebenarnya

Jangan pernah puas jika Anda menemukan informasi yang Anda cari seperti Arti Makna Yang Sebenarnya di halaman http://edu.dzihni.com, karena banyak halaman lain yang membahas lebih lengkap. Sekedar saran, jika untuk karya ilmiah seperti makalah, skripsi, tesis, disertasi dll jangan pernah mengambil referensi dari internet, karena internet tidak selamanya ada berbeda dengan buku, majalah, koran dll


Anda Sedang Membaca Tulisan dalam Kategori Arti Kata dengan judul Arti Makna Yang Sebenarnya.By : edu.dZihni.com
Ditulis oleh: Admin