Arti Defenisi Pengertian Ilmu dalam Filsafat Ilmu

Dilingkungan non-akademis, kata ilmu dapat melekat pada konsep-konsep seperti nujum lantas disebut ilmu nujum, kebatinan menjadin ilmu kebatinan, sulap menjadi ilmu sulap, zodiak menjadi ilmu perbintangan (yang di maksud bukan astronimi), dan santet menjadi ilmu santet.

Artinya jauh dari gambaran objek-objek empiris, proyek-proyek percobaan (eksperimen) dan pengujian atas sesuatu hipotesis (Verifikasi). Dikalangan akademis, kata ilmu kerap kali dipakai dalam hubungannya dengan beberapa pengetahuan manusia, seperti ilmu hayat untuk biologi, ilmu alamiah dasar, ilmu hukum, ilmu alam dsb.

Dilihat dari segi bahasa, ilmu berasal dari bahasa arab yaitu al-ilmu, atau dai bahasa Yunani yaitu logos, yang berarti pengetahuan.

Orang-orang yang mempelajari bahasa Arab mengalami sedikit kebingungan tatkala menghadapi kata “ilmu”. Dalam bahasa Arab kata ” Al-ilm” berarti pengetahuan (knowledge). Sedangkan kata ilmu dalam bahasa indonesia biasanya merupakan terjemahan dari science. Ilmu dalam arti science itu hanya sebagian dari Al-ilm dalam bahasa Arab. Maksudnya agar orang yang mengerti bahasa Arab tidak bingung membedakan kata ilmu (science) dengan kata ilmu (knowledge).[1] Prof Ahmad Tafsir, Filsafat Ilmu: 2010. Hal 3.

Ilmu pada dasarnya adalah pengetahuan tentang sesuatu hal atau fenomena, baik yang menyangkut alam atau sosial (kehidupan masyarakat), yang diperoleh manusia melalui proses berfikir. Itu artinya bahwa setiap ilmu merupakan pengetahun tentang sesuatu yang menjadi objek kajian dari ilmu terkait.

Definisi ilmu bergantung pada cara kerja indra masing-masing individu dalam menyerap pengetahuan dan juga cara berfikir setiap individu dalam memproses pengetahuan yang di perolehnya. Selain itu juga, dalam definisi ilmu bisa berlandaskan aktifitas yang dilakukan ilmu itu sendiri. Kita dapat melihat hal itu melalai metode yang digunakan.

Terimakasih telah membaca Arti Defenisi Pengertian Ilmu dalam Filsafat Ilmu

Jangan pernah puas jika Anda menemukan informasi yang Anda cari seperti Arti Defenisi Pengertian Ilmu dalam Filsafat Ilmu di halaman http://edu.dzihni.com, karena banyak halaman lain yang membahas lebih lengkap. Sekedar saran, jika untuk karya ilmiah seperti makalah, skripsi, tesis, disertasi dll jangan pernah mengambil referensi dari internet, karena internet tidak selamanya ada berbeda dengan buku, majalah, koran dll


Anda Sedang Membaca Tulisan dalam Kategori Arti Kata dengan judul Arti Defenisi Pengertian Ilmu dalam Filsafat Ilmu.By : edu.dZihni.com
Ditulis oleh: Admin